Hati-hati..!! Tanda Kolesterol juga ada di Sekitar Mata Kita Segera Kenali Cirinya.

2 Min Read

Jakarta, Visioneernews.id – Sabtu,13/02/2022 Endapan lemak lembut, kekuningan yang terbentuk di bawah lapisan kulit disebut Xanthelasma.

Dikutip dari SehatQ, endapan lemak ini terdapat di sudut antara kelopak mata atas, juga merupakan kolesterol yang ada di sekitar mata. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan xanthelasma juga bisa muncul pada bagian leher, bahu, dan ketiak.

Kondisi ini tidak berbahaya, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi ini dapat menjadi tanda dari penyakit jantung, jika anda memiliki xanthelasma. Untuk memastikannya ada baiknya segera periksa ke dokter umum atau kulit untuk langkah awal.

Adapun tanda dan gejala xanthelasma yang utama adalah munculnya bercak kekuningan di sudut antara kelopak mata dan puncak hidung.

Bercak ini paling sering timbul pada bagian dalam kelopak mata, tepatnya pada kelopak mata atas. Karena kemunculannya di wajah, bercak xanthelasma juga dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri penderitanya.

Ada beberapa cara pengobatan dari xhantelasma yaitu :

• Krioterapi : Pada prosedur krioterapi, dokter akan membekukan bercak xanthelasma dengan cairan nitrogen atau bahan kimia lain sebelum mengangkatnya.

• Terapi laser : Salah satu contoh terapi laser adalah teknik laser CO2 fraksional.

• Operasi : Dokter bisa melakukan operasi untuk mengangkat xanthelasma.

Dari beberapa pengobatan diatas, masih banyak lagi cara lain yang bisa dilakukan, tentunya setelah anda konsultasikan ke dokter.

( Red / Shendy Marwan )

Share This Article