Fadli Zon Mengkritik, Menag Yaqut yang Bikin Gaduh Soal Gonggongan Anjing

2 Min Read

Jakarta, Visioneernews.id – Anggota DPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mengkritik keras ucapan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang membandingkan penggunaan pengeras suara masjid dengan gonggongan anjing.

Penyataanya,Fadli Zon,”Pejabat ini cari-cari masalah yang menimbulkan kegaduhan,” dalam akun Twitter resminya @fadlizon dikutip Kamis (24/2/2022)

Selanjutnya Fadli membandingkan kinerja Yaqut saat mengurus persoalan haji dan umrah di Kemenag. Baginya, Yaqut tak becus dalam menjalankan dua tugas tersebut selama ini.

“Diksi dan metafornya tak terkontrol, apalagi seolah membandingkan azan atau pengajian dengan suara gonggongan anjing. Astagfirullah,” kata dia.

Yaqut saat diwawancara media di Pekanbaru Riau sempat meminta agar volume suara toa masjid dan musala diatur maksimal 100 dB atau desibel. Selain itu, waktu penggunaan disesuaikan di setiap waktu sebelum azan.

Hal itu dia sampaikan untuk menjelaskan surat edaran yang mengatur penggunaan toa di masjid dan mushalla yang dikeluarkannya beberapa waktu lalu.

Namun, Ia kemudian mencontohkan suara-suara lain yang dapat menimbulkan gangguan. Salah satunya suara gonggongan anjing.

“Selanjutnya Yang paling sederhana lagi, kalau kita hidup dalam satu kompleks, misalnya. Kiri, kanan, depan belakang pelihara anjing semua. Misalnya menggonggong dalam waktu bersamaan, kita ini terganggu nggak? Artinya apa? Suara-suara ini, apa pun suara itu, harus kita atur supaya tidak jadi gangguan. Speaker di mushala-masjid silakan dipakai, tetapi tolong diatur agar tidak ada yang terganggu,” kata Yaqut.

Imbas dari pernyataan itu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo mengaku akan melaporkan Yaqut ke Polda Metro Jaya hari ini. Roy melaporkan Yaqut karena diduga membandingkan suara azan dan gonggongan anjing.

“Hari ini KRMT Roy Suryo bersama Kongres Pemuda Indonesia akan membuat Laporan Polisi terhadap YCQ yang diduga membandingkan suara Adzan dengan gonggongan anjing,” Pungkas Roy dalam keterangan resminya, Kamis (24/2/2022).

(Red/Dion)

TAGGED:
Share This Article