Peduli dengan Kesejahteraan Lansia, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Menyelenggarakan Acara One Day With Parents 2023

4 Min Read

Foto : Dok. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Saat Menyelenggarakan Acara One Day With Parents

Jakarta, Visioneernews.id – Lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun (enampuluh) tahun keatas. Dalam kehidupan sehari-hari, lansia mengalami berbagai permasalahan sosial, kesehatan, dan psikologis akibat proses penuaan yang dialami oleh mereka. Perubahan ini menimbulkan berbagai kebutuhan baru dalam aspek jasmani, psikologis, sosial, dan ekonomi. Apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi dapat menyebabkan permasalahan yang kompleks bagi lanjut usia, baik sebagai individu maupun masyarakat. Agar terhindar dari hal-hal tersebut, perlu diperhatikan lebih lanjut mengenai Kesejahteraan Sosial Lansia dengan dilaksanakannya koordinasi antara Pemerintah dan masyarakat dalam memberdayakan lanjut usia agar tetap dapat melaksanakan fungsi sosialnya dan berperan aktif secara wajar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karena itu, pada hari Minggu 3 September 2023 Departemen Abdi Masyarakat BEM FH UPNVJ telah melaksanakan kegiatan One Day With Parents (ODWP) di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Cengkareng, Jakarta Barat. One Day With Parents merupakan salah satu program kerja dari Departemen Abdi Masyarakat BEM FH UPNVJ 2023 yang bertemakan “Healthy, Active, and Productive with Elderly” dan berfokus pada pendampingan lansia yang berada di panti sosial tersebut.

Kegiatan ini dibuka dengan pembukaan oleh MC yang dipimpin oleh Samuel Arthur Hulu dan Azka Irtikha Radin dan dilanjutkan oleh sambutan Ketua Pelaksana yaitu Sherlyta Ramadhani yang menyampaikan bahwa kesejahteraan dan kelangsungan hidup lansia merupakan tanggung jawab mahasiswa dalam hidup bermasyarakat. Sambutan yang kedua disampaikan oleh Daffa Fadiil Shafwan Ramadhan selaku Ketua BEM FH UPNVJ 2023. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi civitas akademik UPN Veteran Jakarta. Sambutan terakhir sekaligus pembukaan acara disampaikan oleh Bapak Dr. Slamet Tri Wahyudi, S.H., M.H. sekalu Wakil Dekan Bidang Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama FH UPNVJ. Beliau mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya terhadap BEM FH UPNVJ dan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 yang telah bekerjasama dalam merealisasikan acara ODWP.

One Day With Parents ini terbagi menjadi beberapa sub-kegiatan. Kegiatan pertama adalah penyuluhan hukum mengenai Kesejahteraan Lansia yang terdapat dalam UU No. 13 Tahun 1998, PP No. 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia, dan Permensos 7 Tahun 2021 Asistensi Rehabilitas Sosial. Adapun narasumber dalam kegiatan penyuluhan hukum ini adalah dosen Fakultas Hukum UPNVJ yaitu Ibu Dr. Muthia Sakti, S.H., M.H. Pada kegiatan ini, dosen Fakultas Hukum UPNVJ memberikan pengetahuan kepada kepada para lansia tentang hak-hak dan kewajiban mereka sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Kemudian para lansia juga akan mengetahui apa saja peran pemerintah dalam hal ini khususnya kementerian terkait dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi para lansia. Selain itu, membahas tentang bagaimana lansia mendapatkan advokasi yang baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Kegiatan kedua adalah penyuluhan kesehatan. Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UPNVJ yaitu Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd, MKM. Kegiatan penyuluhan kesehatan ini membahas berbagai hal umum yang berkaitan dengan kesehatan lansia seperti cara sederhana untuk hidup sehat bagi lansia, masalah kesehatan pada, dan penyesuaian gaya hidup sebagai lansia.

Kegiatan terakhir dalam acara ini yaitu kegiatan yang bersifat menghibur para lansia. Seperti Brain Gym atau Senam Otak yang memiliki manfaat untuk memperbaiki kemampuan motorik dan mencegah demensia, Games dan Karaoke bersama untuk melepas stress dan menghibur para lansia, hingga kegiatan Sharing Session atau Berbincang Bersama dengan mahasiswa untuk meningkatkan daya ingat dan membantu mengusir rasa kesepian atau terasing pada lansia.

(Red/Dion/Hj.Rolla)

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *