Polres Tulang Bawang Luncurkan Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui ATM Dahak

3 Min Read

Polres Tulang Bawang Luncurkan Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui ATM Dahak

TULANG BAWANG, VISIONEERNEWS.ID – Polres Tulang Bawang kembali menciptakan terobosan kreatif dengan meluncurkan inovasi dalam bidang kesehatan berupa ATM Dahak.

Inovasi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan, khususnya dalam penanganan penyakit tuberculosis (TBC) di wilayah tersebut.

ATM Dahak, yang merupakan singkatan dari Anjungan Tempat Mengambil Dahak, adalah fasilitas yang disiapkan oleh Poliklinik Polres Tulang Bawang.

Melalui fasilitas ini, pasien dapat dengan mudah mengambil sampel dahak yang kemudian akan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Langkah ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini apakah pasien tersebut menderita TBC atau tidak.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, menyatakan, ATM Dahak bentuk komitmen Polres Tulang Bawang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pembuatan ATM Dahak ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Kami berharap dengan adanya fasilitas ini, proses deteksi dan penanganan TBC dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.” kata Kabid Humas di Mapolda Lampung, Selasa (28/5/2024)

Poliklinik Polres Tulang Bawang juga telah menyiapkan berbagai fasilitas pelayanan bagi pasien yang terdiagnosis menderita TBC. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi:

– Terapi pengobatan selama 6 bulan: Pasien yang terdeteksi menderita TBC akan mendapatkan terapi pengobatan intensif selama enam bulan, guna memastikan kesembuhan total.

– Layanan home care dari Tim Medis: Tim medis akan memberikan pelayanan kesehatan langsung ke rumah pasien, memastikan pasien mendapatkan perawatan yang optimal tanpa harus sering ke poliklinik.

– Medicine delivery bagi pasien di wilayah Kec. Menggala Timur: Pasien yang berada di wilayah sekitar Kecamatan Menggala Timur akan mendapatkan layanan pengiriman obat langsung ke rumah mereka, mengurangi beban untuk mengambil obat di poliklinik.

– Konsultasi kesehatan via telepon 24 jam: Pasien dan keluarga dapat berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan dan pengobatan melalui layanan telepon yang tersedia selama 24 jam.

“Dengan adanya ATM Dahak ini, kami berharap dapat membantu para pasien TBC untuk mendapatkan perawatan yang lebih mudah dan terjangkau. Langkah ini juga diharapkan dapat menurunkan angka penyebaran TBC di wilayah kami,” tambah Kombes Umi Fadillah Astutik.

Inovasi ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar, yang merasa terbantu dengan kemudahan akses layanan kesehatan yang disediakan oleh Polres Tulang Bawang.

Diharapkan, langkah ini bisa menjadi contoh bagi institusi lainnya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, Polres Tulang Bawang bertekad untuk terus memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam upaya penanganan TBC.

KABID HUMAS POLDA LAMPUNG
Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, S.Sos., S.Ik., M.Si.
Email : humaspoldalampung@gmail.com
Twitter : humas_poldalpg
FB : humas_@poldalampung

(J.Nerakandi)

 

Editor DionĀ 

 

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *