Piala AFF : Malaysia 1 VS 4 Indonesia, Skor Akhir yang Menakjubkan

3 Min Read

Jakarta, VisioneerNews.id – Sebuah pertandingan sengit antara Malaysia melawan Indonesia dimana Indonesia harus menahan imbang Malaysia untuk lolos dari grup B Piala AFF di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Dengan menahan imbang Malaysia untuk lolos Grup B Piala AFF, Indonesia tetap berinisiatif menyerang sejak awal pertandingan, namun Indonesia kebobolan lebih dulu ketika waktu masih berjalan 13 menit.

Berhasil menerima bola kesalahan umpan pendek dari Irfan Jaya di depan kotak penalti, pemain Malaysia Kogileswaran Raj menendang bola dengan keras dan terarah sehingga kiper Indonesia tak bisa menjangkau.

Kedudukan 1-0 yang membuat kesebelasan Malaysia diatas angin membuat para suporter Malaysia bersorak seakan kemenangan sudah diraih.

Terlebih permainan Indonesia sedikit sulit berkembang di 10 menit setelah gol yang mengejutkan diawal pertandingan, namun Indonesia berhasil mengatur skema menyerang melalui beberapa umpan kombinasi.

Walau dalam tekanan Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di menit ’36 oleh Irfan Jaya melalui umpan Witan Sulaeman sekaligus membayar kesalahannya.

Malaysia 1 VS 4 Indonesia, Skor Akhir yang Menakjubkan

Saling serang, dengan permainan yang cukup berimbang antara Malaysia dan Indonesia yang mayoritas pemain muda. Tanpa diduga Irfan Jaya kembali mencetak gol melalui sontekan kaki kanan memanfaatkan bola liar hasil dari tembakan Pratama Arhan yang berhasil dihalau bek Malaysia, hingga kiper Malaysia pun tak bisa mengantisipasi lagi sontekan Irfan Jaya

Gol Irfan Jaya melebihi dari sekedar membayar tuntas kesalahan, karena Irfan bermain spektakuler sehingga membuat kewalahan bek senior Malaysia hingga babak pertama berakhir.

Masuknya Elkan Baggott di babak kedua mambuat tembok kokoh di kubu Indonesia, terbukti setiap Malaysia membangun serangan melalui umpan atas selalu berhasil dihalau, justru permainan berbalik menjadi serangan untuk Indonesia.

Indonesia yang kini selalu mematahkan serangan lawan, semakin percaya diri bahkan sering berhasil langsung merebut bola dari kaki pemain Malaysia.

Irfan Jaya yang terlalu sadis dalam laga ini tak cukup dengan dua gol nya menambahkan satu umpan ke Pratama Arhan yang dengan tenang melakukan tembakan dari luar kotak penalti layaknya tendangan bebas, menukik ke gawang Malaysia yang tak mungkin dihalau kiper.

Shin Tar Yo selalu merubah taktik Indonesia di setiap pertandingan, sehingga membuat pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe yang melakukan pergantian beberapa pemainnya, tetap kesulitan membaca permainan Indonesia.

Hingga pada akhirnya bek jangkung Elkan Baggott menutup pertandingan melalui sundulan umpan dari sepak pojok Evan Dimas di menit 82, kedudukan 1-4 kemenangan untuk Indonesia. Sekaligus memastikan lolos sebagai Juara Grup B Piala AFF.

(Shendy Marwan)

Share This Article