Wapres Pastikan Komitmen Penuh Pemerintah untuk Tangani Cianjur Pascagempa

3 Min Read

Wapres K.H. Ma’ruf Amin dalam keterangan persnya di Masjid Agung Cianjur. (Foto: istimewa)

Cianjur, VISIONEERNEWS.ID – Usai menghadiri Muhasabah dan Istigasah Doa Keselamatan Bangsa sebagai Momentum Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberikan keterangan kepada awak media terkait komitmen pemerintah dalam mengatasi pascabencana gempa bumi yang melanda Cianjur, Jawa Barat (Jabar), pada 21 November 2022 silam.

“Sejak terjadi gempa, pemerintah langsung mengambil peran. Dan tentu pertama, menolong mereka yang terkena gempa dan kemudian melakukan upaya-upaya membangun kembali rumah yang mungkin bisa dibangun,” tegas Wapres dalam keterangan persnya di Masjid Agung Cianjur, Jalan Siti Jenab No. 21 Pamoyanan, Kabupaten Cianjur, Jabar, Minggu (19/02/2023).

Wapres menyebutkan, saat ini pembangunan pascabencana sudah memasuki tahap ketiga, dan akan terus dibangun guna mengakomodasi para korban terdampak.

“Sekarang sudah tahap ketiga, tahap ketiga terus dibangun, nggak berhenti, bahkan ada yang baru ya, baru susulan sekitar rumah 500 baru lagi susulan,” jelasnya.

Lebih jauh Wapres mengungkapkan bahwa dirinya sudah meninjau langsung salah satu area relokasi masyarakat terdampak yang telah dibangun.

“Salah satunya itu di dekat Kota Cianjur, Cilaku, dan saya sudah lihat ke sana sudah dibangun 200 dan sudah ditempati, sudah ditempati 200. Saya waktu pembangunan saya datang ke sana,” terangnya.

Menutup keterangannya, Wapres memastikan bahwa pemerintah pusat terus bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memantau pembangunan pascagempa, khususnya dalam pengadaan tempat tinggal.

“Jadi, saya kira itu penanganannya akan terus dipantau oleh pemerintah dan langsung ditangani oleh Pak Bupati,” pungkas Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Cianjur Herman Suherman, menyampaikan bahwa para korban terdampak gempa di Cianjur saat ini sudah dapat melakukan pembiayaan perbaikan rumah masing-masing dengan menggunakan dana pribadi yang nantinya akan dibayarkan oleh pemerintah.

“Masyarakat sudah bisa melaksanakan dengan membiayai sendiri dulu nanti, atau di-reimburse,” kata Herman.

“Mereka sudah bisa membangun dan itu dijamin oleh pemerintah pasti dibayar,” tambahnya.

Turut mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan Ketua MUI Cholil Nafis.

(Hendra Efendi)

Editor: Shendy Marwan

Share This Article