Terjadi Kebakaran Diduga Karena Elpiji Bocor Lukai Ibu dan 2 Anak di Ciawi -Bogor

2 Min Read

Foro : Kebakaran Diduga Karena Elpiji Bocor di Ciawi -Bogor

Ciawi, VISIONEERNEWS.ID – Seorang ibu dan dua anaknya terluka dalam kebakaran rumah di Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Kebakaran diduga akibat tabung elpiji bocor. “Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, diduga penyebab kobaran api yang langsung membesar secara tiba-tiba tersebut diakibatkan oleh adanya kebocoran gas elpiji,” kata Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat dalam keterangannya, Rabu 8 Nopember 2023.

Dia menuturkan, saat gas bocor, penghuni rumah diduga menyalakan korek api untuk membakar rokok. “Di saat bersamaan terdapat sumber api dari rokok yang dinyalakan oleh penghuni rumah,” sambung dia.

Agus menjelaskan sempat terjadi letupan gas sebelum kebakaran terjadi. Letupan diduga akibat kumpulan gas yang mengisi ruangan dan menyambar api yang digunakan korban untuk menyalakan rokok.

“Kalau meledak itu kan kemungkinan tabung gasnya pecah ya, tapi ini masih utuh. Jadi maksud meledak itu, meletup, suara letupan,” terang Agus.

“Karena kan biasanya kalau gas bocor itu memenuhi ruangan ya, terus ada pemantik api, jadi ya bup (menirukan suara letupan, gitu kan,” imbuhnya.

Agus menuturkan kencangnya tekanan gas yang bocor mengakibatkan dinding dapur dan kamar di rumah roboh. Dia menjelaskan korban pun kaget dan menabrak dinding saat hendak menyelamatkan diri.

“Terus letupan itu kan tekanannya kencang ya, jadi mungkin mendorong dinding terus roboh, ditambah terdorong juga sama badan korban yang kaget, berbalik, terus dia nabrak dinding. Jadi yang roboh itu dinding dapur sama dinding kamar dan sebelah dapur itu roboh,” kata Agus.

“Tapi memang bangunan rumahnya juga sudah lama, dindingnya juga nggak pakai besi sloof gitu, kayu-kayunya juga sudah rapuh, jadi memang mudah roboh itu,” tandasnya.

Agus menyebutkan kebakaran terjadi tadi malam sekitar pukul 22.30 WIB. Saat itu, salah satu korban berinisial AP (22) yang hendak menyalakan rokok menggunakan pemantik api. Tiba-tiba, api menyembur di dalam rumah hingga terjadi kebakaran.

“Secara tiba-tiba api langsung menyala dan membesar di dalam rumah hingga membakar bagian dalam rumah,” pungkasnya.

(Red/YN)

 

Editor DionĀ 

TAGGED:
Share This Article
2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *